Kurikulum 2013, yang
meliputi SD,SMP,SMA dan SMK
merupakan upayauntuk meningkatkan target pendidikan di Indonesia.
Beberapa faktor pelaksana pendidikan adalah : durasi atau lamanya siswa
belajar di sekolah; lama siswa tinggal di sekolah; pembelajaran siswa aktif
berbasis kompetensi; buku pegangan atau buku babon; dan peranan guru
sebagai ujung tombak. Beberapa alasan yang melatar belakangi di kembangkannya
Kurikulum 2013 yakni :
- Peningkatan proses pembelajaran dan proses penilaian memerlukan waktu tambahan
- Mengimitasi Pendidikan di negara Barat yag cenderung menambah jam belajar
- Waktu belajar di negara kita masih relatif singkat
Keberhasilan kurikulum suatu pendidikan adalah sebuah proses yang panjang, bermula dari ide atau gagasan dan konsep ideal tentang pendidikan itu sendiri , perumusan desain kurikulum,
persiapan pengajar/pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta sarana dan prasarana sebagai penunjang,
tata kelola pelaksanaan kurikulum, termasuk proses pembelajaran dan
penilaian pembelajaran.
Struktur kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam hal perumusan desain kurikulum, karena apabila struktur kurikulum yang telah direncanakan ternyata tidak mengena pada tujuan pendidikan nasional dan juga tidak mampu menjadi daya topang kurikulum maka pada tahapan implementasi akan kewalahan.
Kurikulum 2013 harus dikaji lebih dalam sehingga dapat menjadikan pendidikan di Indonesia ini menjadi lebih unggul, silahkan anda dapat mengkajinya lebih dalam untuk
uji publik Kurikulum 2013
Posting Komentar